Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila BBMKG Wilayah I & UPT BMKG di Medan

  • Dear Saragih
  • 2024-06-01
Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila BBMKG Wilayah I & UPT BMKG di Medan


Pada hari Sabtu, 01 Juni 2024, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I bersama UPT BMKG di Medan, yakni Stasiun Meteorologi Kualanamu, Stasiun Geofisika Deli Serdang, Stasiun Klimatologi Sumatera Uara dan Stasiun Meteorologi Maritim Belawan melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara kali ini seluruh peserta upacara menggunakan Pakaian Adat dari beragam suku di Indonesia.

Upacara hari Lahir Pancasila tahun 2024 ini yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Bapak Sugiyono, ST, M.Kom, Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Belawan. Beliau membacakan Sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia. Tema hari Peringatan Hari Lahirnya Pancasila tahun 2024 adalah "Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045".
Sambutan tersebut menekankan pada peran Pancasila dalam menyatukan bangsa Indonesia menuju masa depan yang gemilang. Pancasila dianggap sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa yang menyatukan beragam perbedaan dalam bingkai "Bhinneka Tunggal Ika". Sambutan ini juga menyerukan pentingnya membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam regulasi maupun dalam tindakan nyata, dengan menekankan pentingnya keteladanan dari para pemimpin dan rakyat. Di tengah pesatnya perkembangan teknologi, Pancasila diharapkan menjadi filter untuk mengarahkan bangsa Indonesia ke arah yang benar, menyoroti peran generasi milenial dan Gen-Z dalam memajukan nilai-nilai Pancasila dengan metode kekinian. Dengan semangat Pancasila yang kuat, menyakini bahwa bangsa Indonesia mampu mengatasi tantangan di masa depan. Bersyukur atas keberhasilan menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik di tengah krisis global, serta berhasilnya Pemilihan Umum yang demokratis. Sambutan tersebut juga mengajak semua komponen bangsa untuk merayakan Hari Lahir Pancasila dengan gotong royong, menjaga kerukunan, dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila untuk kemajuan Indonesia yang adil, makmur, dan berwibawa di dunia.

Selamat Hari Lahir Pancasila!
SALAM PANCASILA!

Gempabumi Terkini

  • 17 Okt 2024, 08:13:13 WIB
  • 3.7
  • 10 km
  • 5.90 LS - 105.77 BT
  • Pusat gempa berada di laut 26 km BaratLaut Anyer
  • Dirasakan (Skala MMI): III Bakauheni, II Cilegon
  • Pusat gempa berada di laut 26 km BaratLaut Anyer
  • Dirasakan (Skala MMI): III Bakauheni, II Cilegon